My Busines Plan 2019 " TPST Serbaguna"

Ilustrasi TPST
Sumber gambar :https://kencanaonline.com/


Rencana Bisnis di tahun 2019  saya adalah membangun TPST di daerah saya. Berawal dari keprihatinan saya karena tidak adanya TPS (tempat pembuangan sampah) di kelurahan saya, sehingga masyarakat harus menunggu truk pengangkut sampah Pemerintah Kota untuk mengangkut sampah rumah tangga yang datangya seminggu 1 kali, dampakanya masyarakat membuang sampah ke sungai terdekat, tentu efeknya membuat sungai tercemar dan menimbulkan bau tidak sedap. Saya berinisiatif membuat TPST di perumahan saya. TPST disini adalah Tempat Pembuangan Sampah Terpadu, jadi di TPS ini bukan hanya menampung sampah saja tetapi mengelola sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis, misalnya membuat sampah organik menjadi pupuk kompos. Selain itu, di TPST ini juga tersedia peternakan yang pakannya diperoleh dari pengolahan sampah di TPST tersebut. Nantinya hewan ternak tersebut bisa dijual untuk menambah pendapatan. Adapun hewan yang akan di ternakan di TPST nantinya adalah ternak  Ikan Lele, dan unggas seperti  Ayam dan Bebek.

Sampah di sungai dekat areal Perum Pondok Tandala, Kawalu Tasikmalaya
 Foto:Google Maps


Keberadaan TPST ini di perumahan saya, selain membantu mengurangi pencemaran air ke sungai juga berpeluang meningkatkan pendapatan keluarga kurang mampu di sekitar TPST, dengan ikut membantu penguraian sampah menjadi barang ekonomis. Untuk rencana awal TPST ini hanya mengelola sampah yang dihasilkan oleh limbah rumah tangga di Perum Pondok Tandala kecamatan kawalu Tasikmalaya,  yang terdiri dari 7 RT dan 1 RW.

Adapun hal awal yang dibutuhkan untuk TPST ini adalah :

1. Sewa lahan di samping rumah saya, adapun begini tampilan lahan yang akan disewakan di samping rumah penulis.


Lahan yang rencananya akan disewa menjadi TPST. Lokasi Perum Pondok Tandala RT 05/RW 07 Kawalu, Kota Tasikmalaya 
 Foto:Google Maps

Estimasi sewa tanah untuk meminta bantuan RT/RW setempat demi kebaikan bersama untuk menaggulangi pembuangan sampah sembarangan di sekitar perumahan. Selain itu, untuk sewa tanah bisa di nego dengan bantuan keta RT/RW setempat demi kebaikan bersama, berhubung pemilik merupakan tetangga yang rumahnya tidak jauh dari lokasi lahan.

Adapun untuk lokasi ternak Lele lokasinya di kebun yang lokasinya jaraknya kurang lebih 100 meter dengan lokasi kebun yang akan dijadikan TPST..

Lokasi ternak Lele dan Ayam.Lokasi Perum Pondok Tandala RT 05/RW 07 Kawalu, Kota Tasikmalaya 
 Foto:Google Maps



Lokasi lahan untuk ternak tidak jauh dengan kebun yang akan dijadikan TPST. Lokasi Perum Pondok Tandala RT 05/RW 07 Kawalu, Kota Tasikmalaya 
 Foto:Google Maps


Adapun untuk sewa lahan kosong kedua untuk ternak menggunakan uang pribadi dengan estimasi biaya sewa lahan 10 juta per tahun.

2. Membeli Alat Pengubah Sampah Organik Menjadi Kompos

Fungsi utama mesin pengolah kompos adalah untuk memproses pengolahan sampah-sampah organik agar menjadi pupuk organik yang berkualitas. Mesin pengolahan kompos memiliki kemampuan untuk menghancurkan sampah-sampah organik, baik sampah-sampah organik basah maupun sampah-sampah organik kering. Dengan menggunakan mesin, sampah-sampah organik ini akan dirajang dan dihancurkan menjadi potongan-potongan berukuran kecil. Potongan-potongan kecil sampah organik ini akan jauh lebih mudah dan cepat mengalami proses kimiawi untuk menjadi pupuk kompos.

Mesin pengolah kompos
Sumber gambar : https://astromesin.com/

Mesin pengolah kompos ini juga dapat dijadikan sebagai komoditi untuk bisnis bidang pertanian dan perkebunan. Terlebih sekarang ini banyak masyarakat yang lebih berminat untuk mengkonsumsi buah dan sayuran organik yang mana buah dan sayur organik ini dibudidayakan tanpa menggunakan pupuk berbahan kimia, melainkan menggunakan pupuk berbahan organik murni alias pupuk organikHarga untuk membeli mesin ini adalah 14.000.000 untuk 1 unit mesin untuk awal-awal saya berencana membeli 1 unit mesin saja dulu.

Untuk langkah awal pembuatan  Bisnis di tahun 2019 TPST,  estimasi total dana yang dikeluarkan 24 juta rupiah dengan rincian 10 juta untuk sewa lahan dan 14 juta untuk pembelian 1 unit mesin pembuatan kompos organik. Untuk tulisan selanjutnya akan di bahas besok di blog ini dengan label Bisnis di tahun 2019.
.
Share on Google Plus

About Naufal Muhammad Kautsar

Hai!!! Perkenalkan saya Naufal Muhammad Kautsar, Hal yang saya sukai adalah sesuatu yang berkaitan dengan Jepang terutama Animenya. Cita-cita saya adalah kuliah S2 di Jepang. Sekian perkenalan dari saya, sampai jumpa!!!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar